Rayakan Hari Demokrasi Internasional Bersama Rembug Kota, Ridwan Kamil Siap Tampung Aspirasi Masyarakat Jakarta
Cerdas MemilihNewsHot

Bakal Calon Gubernur Jakarta Ridwan Kamil alias RK saat menghadiri peluncuran Rembug Kota sekaligus perayaan Hari Demokrasi Internasional. Foto Istimewa

Jakarta, tvrijakartanews - Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil alias RK menyatakan dirinya siap menerima seluruh aspirasi masyarakat Jakarta. Hal itu RK sampaikan dalam peluncuran Rembug Kota yang berbarengan dengan perayaan Hari Demokrasi Internasional.

Rembug Kota merupakan program untuk menjemput dan mendengarkan aspirasi warga Jakarta dalam rangkaian Pemilihan Gubernur Jakarta tahun ini. Selain berbentuk ruang diskusi, Rembug Kota menjadi upaya nyata untuk memastikan suara setiap warga didengar dan diambil bagian dalam proses demokrasi.

“Apa pun bentuk ekspresinya, saya yakin kita semua punya tujuan yang sama, membuat Jakarta menjadi lebih baik. Ini lah waktu saya untuk mendengarkan dan tentunya untuk belajar," ujar RK di Jakarta dikutip Selasa (17/9/2024).

Mantan Gubernur Jawa Barat itu mengatakan semua yang disampaikan akan dirinya bahas bersama para pakar. Ridwan Kamil pun menyampaikan ucapan terima kasih atas semua respon, kritik, dan masukan kepada dirinya.

"Ini bukan sekedar mendengarkan, tapi merumuskan solusi nyata bersama. Saya yakin dengan mendengarkan dan bekerja bersama kita bisa mewujudkan Jakarta yang lebih baik," kata RK

Dalam kesempatan itu, Co-Initiator Rembug Kota, Amalia Ayuningtyas menyampaikan ajakan kepada seluruh warga Jakarta untuk bergerak bersama, berbagi pemikiran, dan menciptakan solusi demi Jakarta yang lebih baik.

“Inilah waktu kita untuk terlibat, dan Rembug Kota ada di sini untuk memfasilitasi percakapan tersebut. Dengan partisipasi Anda, kami yakin bahwa suara-suara dari setiap sudut Jakarta akan berkontribusi pada demokrasi yang lebih kuat dan inklusif," ujar Amalia.

Sementara itu Co-Initiator Rembug Kota, Viera Lovienta menuturkan bahwa Rembug Kota adalah ruang yang terbuka untuk semua. Di tempat ini, kata dia, berbagai pandangan dapat berbaur dan dialog yang jujur serta konstruktif menjadi landasan utama.

“Pemilihan gubernur bukan hanya tentang siapa yang terpilih, tetapi juga tentang bagaimana warga bisa terlibat aktif dalam menentukan arah masa depan kotanya," kata Viera.

Rembug Kota merupakan program yang diinisiasi oleh Amalia Ayuningtyas, Viera Lovienta, dan Saira Saima. Program ini dirancang karena ketiganya memiliki keyakinan kuat bahwa demokrasi masih bisa diperbaiki dan dikuatkan.

Para inisiator juga meyakini bahwa keterlibatan aktif setiap warga, tak peduli latar belakangnya, adalah kunci untuk membangun masa depan Jakarta yang lebih baik. Melalui forum ini, Rembug Kota coba memastikan bahwa aspirasi, harapan, dan kekhawatiran warga tidak hanya didengar, tetapi juga diterjemahkan menjadi langkah-langkah yang konkret.